BUDIDAYA LELE SANGAT MENGUNTUNGKAN


Budidaya lele di Wilayah Desa Dukuh Tengah, yang termasuk dalam Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat yang utama, selain sawah pertanian dan peternakan itik. Perubahan lingkungan mempengaruhi kualitas air di wilayah tersebut sehingga banyak timbul serangan penyakit akibatnya banyak kolam lele mengalami kematian secara bertahap bahkan massal. Suplemen Organik Cair (SOC) GDM sebagai produk suplemen bekerja sama dengan  petambak lele setempat melakukan percobaan untuk  mengetahui pengaruh aplikasi SOC GDM pada budidaya lele terhadap peningkatan hasil panen dan tingkat ketahan terhadap serangan penyakit.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lahan kolam yang akan ditebar benih lele diaplikasi GDM terlebih dahulu (3 hari sebelum tebar benih) sebanyak 1 liter dan dibiarkan selama 1 minggu untuk menumbuhkan plankton. Jumlah benih yang ditebar di 2 kolam masing – masing  20 ribu ekor benih lele (4 rean) berukuran 2-4 cm. Aplikasi SOC GDM dilakukan setiap 1 minggu sekali sebanyak 1 liter yang dilarutkan 10 liter air. Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore menggunakan pakan pelet dengan dosis 10 ml SOC GDM untuk 1 Kg pakan pelet. Aplikasi 10 ml SOC GDM dilarutkan ke dalam 200 ml air kemudian pellet direndam hingga semua larutan meresap kemudian dikering anginkan. Setelah dikering anginkan yang ditandai dengan tekstur pellet yang kenyal kemudian diberikan ke ikan lele
sebagai pakannya.
Data pengamatan budidaya lele selama 1 musim.

Kondisi kolam lele yang diaplikasikan SOC GDM dengan kolam tanpa SOC GDM :




Warna air pada kolam kontrol (keruh kecoklatan)


Warna air pada kolam GDM (hijau segar)

Analisa ekonomi dari pemeliharaan ikan lele :

Kesimpulan :
Aplikasi SOC GDM mempercepat waktu panen 5 hari dibanding kolam tanpa GDM (Kolam SOC GDM panen umur 85 hari sedangkan kolam tanpa GDM panen umur 90 hari).
Aplikasi SOC GDM memperbaiki kualitas air, kondisi air selama pembesaran tetap hijau segar.
Aplikasi SOC GDM meningkatkan kualitas hasil panen, terlihat dari kondisi ikan saat panen tidak ada luka, padat dan bersih.
Aplikasi SOC GDM meningkatkan persentase panen sebesar 28,39% tidak termasuk sisa panen (sortir).
Dengan harga jual yang sama , maka aplikasi GDM dapat meningkatkan kuntungan hingga 96,25% (hampir 2 kali lipat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar